Senin, 10 September 2007

Gedung SMP Pius Cilacap (tampak atas)


Zodiak


Ramalan Bintang
(berlaku selama cocok saja he he )
Asuhan : Mbah Heribawa

COPRICORN
22 DESEMBER-19 JANUARI
Perseteruan Anda dengan salah seorang rekan di kantor makin memanas. Permasalah­an ini mulai terdengar ke teli­nga bos yang meminta kalian berdua untuk membicarakan masalah ini. Anda harus ber­siap-siap mendengarkan kata­-kata pedasnya dan pastikan Anda tetap tenang mengha­dapinya.
Keuangan : banyaklah menabuang dan beramal
Kesehatan : gangguan pencernaan,banyaklah makanan yang berserat.
Hari baik : rabu
Hubuangan ma doi: rindu di dada yang sulit untuk diungkapkan

AQUARIUS
20 JANUARI – 18 FEBRUARI
Anda mendapat tenaga eks­tra dalam menyelesaikan peker­jaan yang menumpuk minggu ini. Motivasi untuk menyelesai­kan tugas ini begitu besar. Me­ngalahkan rasa lelah dan malas yang selama berminggu-ming­gu ini mengganggu keseharian Anda. Jika ada waktu luang, ja­ngan lupa gerakkan badan biar tidak kaku.
Keuangan : Agak seret kurangi belanja
Kesehatan :Tidur minimal 8 jam sehari.
Hari baik : Senin dan sabtu
Hubuangan ma doi: ada gairah yang luar biasa.

PISCES
19 FEBRUARI-20 MARET
Popularitas dan kreativitas Anda sudah tidak perlu diragu­kan lagi. Semua orang terka­gum-kagum pada kelebihan Anda yang satu ini. Tapi semua itu bisa hilang jika Anda tidak belajar menguasai emosi, ter­utama ketika berada di depan publik. Tidak ada orang yang tahan bersama seseorang yang meledak-ledak tak terkendali.
Keuangan : Rencananya menekan bujet, eh malah kebobolan.
Kesehatan : Sedikit gangguan pernafaasan akibat beban fikiran
Hari baik : senin
Hubuangan ma doi: Tidak ada kejelasan dari dua belah pihak, Bicarakan baik-baik

ARIES
21 MARET-20 APRIL
Tidak perlu 'kan Anda me­ngorek-orek kisah yang lama dan membuat si dia makin me­rasa tidak enak hati. Jika Anda bilang sudah memaafkan, ber­arti Anda juga sudah melupa­kan kesalahan yang pernah di­buatnya. Anda juga tidak suka 'kan kalau kesalahan Anda di masa lalu diungkit-ungkit lagi.
Keuangan : Terlalu banyak cicilan yang harus dilunasi
Kesehatan : Kursngi makanan yang mengandung lemak
Hari baik : Kamis
Hubuangan ma doi: Suasana yang bimbang & tidak kondusif.

TAURUS
21 APRIL-20 MEI
Target Anda sekarang ini hanya satu. Menemukan jati diri anda. Semua rintangan yang Anda pikir akan.mengha­langi buru-buru dihancurkan. Anda tidak uasah malu menampilkan kelebihan aanda pada teman-teman “ tetapi jangan sombong “ karena kesobongan anda akan menghancurkan proses belajar anda. Jangan lekas patah semangat, ya.!
Keuangan : ada rezeki yang tidak disangka, sisihkan sebagian untuk amal
Kesehatan : lambung mual
Hari baik : jum’at
Hubuangan ma doi: Ada yang simpatik lho!

GEMINI
21 MEI-20 JUNI
Kemarahan Anda menca­pai puncaknya. Anda tidak bi­sa menolerir lagi kesalahan­kesalahan yang dibuat oleh seorang rekan kerja. Meski marah, Anda harus tetap bisa obyektif. Jangan sampai kema­rahan Anda berakibat putusnya hubungan tali pertemanan
Keuangan : jangan keluarkan uang bila tidak perlu
Kesehatan : perbanyak makan yang mengandung Vit C
Hari baik : sabtu
Hubuangan ma doi: tidak harus satu daerah ya !

CANCER
21JUNI-20 JULI
Kondisi bintang anda agak redup. Problem-demi problem membelit anda, banyaklah untuk refleksi diri, banyaklah berdoa dan belajar dari pengalaman orang lain dan banyaklah untuk berdoa. Dan jangan kaget akan hadirnya seseorang yang akan membantu anda
Keuangan : agak sedikit seret
Kesehatan : ginjal sebelah kiri, banyaklah minum air putih
Hari baik : Rabu
Hubuangan ma doi: ada pertentangaan, tetapi masih wajar

LEO
21 JULI-20 AGUSTUS
Mungkin Anda tidak me­rasa, tapi sikap Anda yang oto­riter membuat banyak orang merasa malas berhubungan dengan Anda. Di belakang An­da, mereka membicarakan si­kap dan cara Anda yang ku­rang simpatik. Perubahan ini akan merugikan Anda di masa mendatang.
Keuangan : Gali lubang tutup lubang
Kesehatan : Pencernaan tidak lancar.
Hari baik : Rabu
Hubuangan ma doi: Buang pandangan sinis Anda tentang cinta dia

VIRGO
21 AGUSTUS-20 SEPTEMBER
Meninggalkan teman, dan tempat beraktivitas, tidaklah mudah. Anda tidak punya banyak pi­lihan. Perubahan kadang me­nakutkan. Tapi yakinkan diri Anda bahwa segalanya bisa berjalan dengan baik. Anda kan termasuk orang yang mu­dah bergaul. Lepaskan emosi yang mengurung Anda. Ada saatnya Anda mendengarkan pendat dari teman.
Keuangan : ­Belanja pakaian tidak perlu setiap bulan.
Kesehatan : jangan tegang-tegang kalo berfikir
Hari baik : Senin.& Minggu.
Hubuangan ma doi: Kecewa si dia berpaling pada teman sendiri.

LIBRA
21 SEPTEMBER-20 OKTOBER
Jiwa sosial mendorong An­da terlibat lebih banyak di ke­giatan. Anda mendapat tawar­an dari seorang teman untuk terjun langsung ke beberapa daerah yang tertimpa benca­na. Perjalanan itu tidak hanya menambah pengalaman dan mendewasakan pikiran Anda tapi juga memperlebar kenal­an clan koneksi Anda.
Keuangan : Biar untung sedikit yang peting berlanjut.
Kesehatan : jangan makan makanan instant terus
Hari baik : sabtu
Hubuangan ma doi: hati hati akan hadirnya orang ketiga

SCORPIO
21 OTOBER-20 NOVEMBER
Cuaca yang berubah-ubah drastis berdampak besar bagi kesehatan Anda. Berbagai pe­nyakit seperti tidak henti-hen­tinya muncul. Mulai dari panas dingin, diare, sampai batuk pi­lek. Setiap habis sarapan, mi­num vitamin C untuk melin­dungi tubuh melawan penya­kit-penyakit ini.
Hati-hati menggunakan uang kantor.
Keuangan : Biar untung sedikit yang peting berlanjut.
Kesehatan : badan terasa gerah, hindari tidur terlalu malam
Hari baik : senin
Hubuangan ma doi: ikuti intuisi hati

SAGITARIUS
21 NOVEMBER-20 DESEMBER
Selama beberapa hari ini Anda akan kebebanan meng­urus pekerjaan berat. Awal-awal Anda akan merasa berat harus mengulang kembali pengalaman yang sudah diperoleh. Sabarlah dan banyak berdoa.karena bintang anda akan segera bersinar dibulan-bulan ini, yang akan membawa kesuksesan besar
Keuangan : keuntungan besar akan datang
Kesehatan : bercak pada wajah. Jangan banyak makannan berlemak
Hari baik : senin dan jumat
Hubuangan ma doi: ikuti intuisi hati

Ektrakurikuler Musik


Artikel pendidikan


Mencari Guru Kontruktivis

oleh : Thomas Sutasman

Pendidikan Indonesia, mendapat sorotan yang tajam. Betapa tidak? Indonesia dibanding dengan negara-negara ASEAN hanya unggul dengan Myanmar dan Kamboja, lainnya di atas negara kita, itu menurut Human Development Index (HDI) dan dalam lomba TIMS, lomba pemahaman matematika tingkat kelas 8. Tentunya kita prihatin.

Hal yang masih menjadi ciri prasis pendidikan di Indonesia selama ini adalah pembelajaran berpusat pada guru. Masih ada guru mengajar di kelas secara linear. Pembelajarannya berorientasi sangat ketat pada kurikulum. Satu-satunya model pembelajaran yang digunakan guru adalah ceramah. Siswa tidak boleh ramai. Siswa tidak boleh bergerak sedikit pun dari tempat duduk. Murid harus diam mendengarkan penjelasan guru. Akibatnya, siswa menjadi terbelenggu. Siswa menjadi tidak aktif dalam belajar. Paradigma ini yang harus di ubah.
Maka, salah satu cara memperbaiki kualitas pendidikan kita adalah dengan jalan perbaikan proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang dituju tidak lain adalah pembelajaran yang bermakna.

Diilhami oleh filsafat kontruktivisme, maka paradigma pembelajaran yang biasanya mengarah indoktrinatif perlu diubah. Filsafat kontruktivisme menyatakan bahwa pengetahuan itu dikontruksi secara aktif oleh mereka yang sedang mengetahui. Dengan demikian, tugas guru bukan sekadar mengajarkan ilmu semata kepada siswa, tetapi membantu siswa belajar. Tekanan pembelajarannya harus pada aktivitas siswa untuk belajar, aktif secara mental maupun fisis. Tugas guru adalah memfasilitasi siswa dalam belajar (Marpaung, 1999).
Pembelajaran yang bermakna tidak hanya sekedar transfer pengetahuan dari guru ke siswa saja dengan model bank. Pembelajaran harus mengarah paradigma pembelajaran yang baru. Siswa dan guru dapat belajar bersama. Menurut Suparno dkk (2002), dalam pembelajaran yang bermakna perlu ada dua aktivitas, yakni aktif dalam kegiatan berpikir dan aktif dalam berbuat. Artinya, perbuatan nyata siswa dalam pembelajaran merupakan hasil keterlibatan berpikir siswa terhadap obyek belajar dan pengalaman hasil perbuatan siswa itu sendiri, untuk diolah dalam kerangka berpikir dan pengetahuan yang dimilikinya.

Menurut paradigma baru tersebut peran guru harus diubah. Guru tidak sekedar menyampaikan materi pelajaran kepada para siswanya, tetapi harus mampu menjadi mediator dan fasilitator. Tugas guru adalah (1) Menyediakan pengalaman belajar yang memeungkinkan siswa bertanggung jawab dalam membuat rancangan, proses, dan penelitian. Karena itu memberi ceramah bukanlah tugas utama seorang guru. (2) Menyediakan atau memberikan kegiatan-kegiatan yang merangsang keingintahuan siswa dan membantu mereka untuk mengekspresikan gagasan-gagasannya dan mengkomunikasikan ide ilmiah mereka. Menyediakan sarana yang merangsang siswa berpikir secara produktif. Menyediakan kesempatan dan pengalaman yang paling mendukung proses belajar siswa. Guru harus menyemangati siswa. Guru perlu menyediakan pengalaman konflik .

(3) Memonitor, mengevaluasi, dan menunjukkan apakah pemikiran si siswa jalan atau tidak. Guru menunjukkan dan mempertanyakan apakah pengetahuan siswa itu berlaku untuk menghadapi persoalan baru yang berkaitan. Guru membantu mengevaluasi hipotesis dan kesimpulan siswa. (4) Agar peran dan tugas tersebut berjalan dengan optimal, diperlukan beberapa kegiatan yang perlu dikerjakan dan juga beberapa pemikiran yang perlu disadari oleh pengajar.

(5) Guru perlu banyak berinteraksi dengan siswa untuk lebih mengerti apa yang sudah mereka ketahui dan pikirkan. (6) Tujuan dan apa yang akan dibuat di kelas sebaiknya dibicarakan bersama sehingga siswa sungguh terlibat. (7) Guru perlu mengerti pengalaman belajar mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan siswa. Ini dapat dilakukan dengan berpartisipasi sebagai pelajar juga di tengah pelajar. (8) Diperlukan keterlibatan dengan siswa yang sedang berjuang dan kepercayaan terhadap siswa bahwa mereka dapat belajar. (9) Guru perlu mempunyai pemikiran yang fleksibel untuk dapat mengerti dan menghargai pemikiran siswa, karena kadang siswa berpikir berdasarkan pengandaian yang tidak diterima guru. (Sutarto Hadi, 2007)

Banyak model pembelajaran yang dapat mendukung tercapainya pembelajaran yang bermakna. Guru bisa menyesuaikan dengan berbagai model pembelajaran mana yang sesuai dengan materi pembelajaran. Apabila guru dalam proses pembelajarannya mencerminkan sembilan tugas di atas, maka guru tersebut merupakan guru yang kontruktivis.

Jadi dengan pembelajaran yang bermakna diharapkan siswa dapat membangun pengetahuan sesuai konteksnya, dengan cara yang aktif dan kreatif, dan sesuai kebutuhan siswa. Hal itu hanya terjadi bila gurunya adalah guru yang kontruktivis. Sehingga diharapkan siswa nantinya dapat menerapkan pengetahuannya untuk membangun pengetahuan selanjutnya, atau siswa menggunakan pengetahuannya dalam kehidupannya.

Tentunya hal ini sejalan dengan pemberlakuan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Untuk itu, peluang suatu sekolah untuk menyumbang perbaikan mutu pendidikan Indonesia menjadi lebih baik sangatlah besar, yakni dengan pembelajaran yang bermakna dan dengan guru yang kontruktivis. (dari berbagai sumber) (dimuat di Radar Banyumas, 14 Mei 2007)

Studi lapangan 2007


Artikel Pendidikan


Sekolahku Favoritku


SMP Pius Cilacap termasuk sekolah swasta favorit yang ada di Cilacap ini. Telah banyak orang yang tahu bahwa lulusan SMP Pius Cilacap, bisa diterima di sekolah-sekolah terfavorit di seluruh Indonesia. Itu semua karena kedisiplinan yang sudah tertanam di sekolah kita ini dan juga kemampuan intelektual yang bisa dibilang baik. Tak heran jika banyak alumnus Pius yang sekarang sukses dalam kariernya. Sejalan dengan visi dan misi sekolah kita “Berkembang dalam prestasi, berdasar spiritualitas hati.”

Guru-guru di SMP Pius Cilacap tidak pelit diajak bercanda dengan murid dan juga bisa menjadi “teman” curhat, namun para murid tetap menjaga sopan santun. Sekarang ini SMP Pius menjadi lebih maju dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Terbukti dengan ditambahnya komputer untuk praktek. Dulu komputer yang biasanya hanya bisa digunakan oleh 15 sampai 20 orang, sekarang sudah bisa dipakai oleh siswa sejumlah 40 orang lebih dalam waktu yang bersamaan.

Dalam tahun ini sekolah juga akan membuka fasilitas internet yang bisa digunakan oleh siapa saja. Fasilitas ini dapat digunakan pada sore hari seperti kegiatan ekstrakulikuler. Kita bisa juga mencari data untuk keperluan belajar. Tarifnya jelas relatif murah dibandingkan bila kita ke tempat rental komputer.

Kegiatan ekstrakulikuler di sekolah juga ditambah. Ada ekstra voli, bulu tangkis, basket, tari, pencak silat, koor, putra putri altar, bahasa mandarin, public speaking, Gema Pius, KIR, pramuka, dan juga ansembel musik. Semua kegiatan itu sangat bermanfaat untuk sarana mengembangkan bakat yang kita miliki.

Ada banyak kegiatan yang sangat mendukung SMP tercinta kita ini. Misalnya, untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia, sekolah mengadakan lomba cerdas cermat beregu. Pada kegiatan Bulan Kitab Suci setiap bulan September ada berbagai macam lomba yang dirancang untuk memeriahkannya. Seperti contohnya lomba Pius Idol, baca kitab suci, koor, homili, dan untuk tahun ini juga ditambah dengan lomba membuat mading serta lomba cerdas cermat. Peserta yang mengikuti lomba-lomba tersebut adalah siswa siswi yang dipercaya oleh teman-teman mereka dari masing-masing kelas. Para peserta bersaing secara sehat untuk membawa nama baik kelas mereka masing-masing.

Para orang tua yang menitipkan anak-anak mereka untuk bersekolah di SMP Pius ini berharap agar setelah lulus anak-anak mereka bisa menjadi orang yang sukses serta juga berguna bagi nusa dan bangsa kita. Selain itu, mereka juga berharap agar anak-anak mereka bisa membawa nama baik keluarga. Banyak orang tua yang menilai bahwa kegiatan ekstrakulikuler dapat membantu siswa untuk mengembangkan bakat dan kreatifitas para siswa. Para guru juga menumbuhkan kesadaran siswa dalam hidup menggereja. Harapanku akan SMP Pius Cilacap agar semakin dapat berkembang di dalam prestasi dengan berdasarkan spiritualitas hati.
(Olga Ayu D,9a)