Senin, 10 September 2007

Artikel Pendidikan


Sekolahku Favoritku


SMP Pius Cilacap termasuk sekolah swasta favorit yang ada di Cilacap ini. Telah banyak orang yang tahu bahwa lulusan SMP Pius Cilacap, bisa diterima di sekolah-sekolah terfavorit di seluruh Indonesia. Itu semua karena kedisiplinan yang sudah tertanam di sekolah kita ini dan juga kemampuan intelektual yang bisa dibilang baik. Tak heran jika banyak alumnus Pius yang sekarang sukses dalam kariernya. Sejalan dengan visi dan misi sekolah kita “Berkembang dalam prestasi, berdasar spiritualitas hati.”

Guru-guru di SMP Pius Cilacap tidak pelit diajak bercanda dengan murid dan juga bisa menjadi “teman” curhat, namun para murid tetap menjaga sopan santun. Sekarang ini SMP Pius menjadi lebih maju dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Terbukti dengan ditambahnya komputer untuk praktek. Dulu komputer yang biasanya hanya bisa digunakan oleh 15 sampai 20 orang, sekarang sudah bisa dipakai oleh siswa sejumlah 40 orang lebih dalam waktu yang bersamaan.

Dalam tahun ini sekolah juga akan membuka fasilitas internet yang bisa digunakan oleh siapa saja. Fasilitas ini dapat digunakan pada sore hari seperti kegiatan ekstrakulikuler. Kita bisa juga mencari data untuk keperluan belajar. Tarifnya jelas relatif murah dibandingkan bila kita ke tempat rental komputer.

Kegiatan ekstrakulikuler di sekolah juga ditambah. Ada ekstra voli, bulu tangkis, basket, tari, pencak silat, koor, putra putri altar, bahasa mandarin, public speaking, Gema Pius, KIR, pramuka, dan juga ansembel musik. Semua kegiatan itu sangat bermanfaat untuk sarana mengembangkan bakat yang kita miliki.

Ada banyak kegiatan yang sangat mendukung SMP tercinta kita ini. Misalnya, untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia, sekolah mengadakan lomba cerdas cermat beregu. Pada kegiatan Bulan Kitab Suci setiap bulan September ada berbagai macam lomba yang dirancang untuk memeriahkannya. Seperti contohnya lomba Pius Idol, baca kitab suci, koor, homili, dan untuk tahun ini juga ditambah dengan lomba membuat mading serta lomba cerdas cermat. Peserta yang mengikuti lomba-lomba tersebut adalah siswa siswi yang dipercaya oleh teman-teman mereka dari masing-masing kelas. Para peserta bersaing secara sehat untuk membawa nama baik kelas mereka masing-masing.

Para orang tua yang menitipkan anak-anak mereka untuk bersekolah di SMP Pius ini berharap agar setelah lulus anak-anak mereka bisa menjadi orang yang sukses serta juga berguna bagi nusa dan bangsa kita. Selain itu, mereka juga berharap agar anak-anak mereka bisa membawa nama baik keluarga. Banyak orang tua yang menilai bahwa kegiatan ekstrakulikuler dapat membantu siswa untuk mengembangkan bakat dan kreatifitas para siswa. Para guru juga menumbuhkan kesadaran siswa dalam hidup menggereja. Harapanku akan SMP Pius Cilacap agar semakin dapat berkembang di dalam prestasi dengan berdasarkan spiritualitas hati.
(Olga Ayu D,9a)